Seiring dengan meningkatnya kepercayaan dari berbagai kalangan, maka kami memperluas layanan bisnis kami dengan menyediakan aneka produk berikut :

1. AMONIA 25% (NH4OH) & AMONIA 99,9% (NH4OH)

Pengertian Amonia

Amonia merupakan salah satu jenis senyawa kimia yang secara alami berada di dalam dan juga didalam tubuh kita. Senyawa amonia sendiri terdiri atas 1 atom nitrogen dan 3 atom hidrogen yang semuanya berkaitan dengan atom N. Rumus kimia amonia ialah NH3, Amonia bisa kita jumpai dalam bentuk gas ataupun cair.

Rumus Kimia Amonia

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa amonia ialah senyawa kimia yang didalamnya, terdiri atas unsur nitrogen dan hidrogen. Senyawa amonia ialah gas yang memiliki massa relatif 17 g/mol. Rumus dari senyawa kimia amonia, yaitu:

NH3

Amonia merupakan senyawa kimia yang paling banyak diproduksi di dunia, ini karena penggunaannya sebagai pupuk telah meningkatkan produksi pangan sampai dengan 60%.

Karena penggunaannya sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman di manapun berada, maka amonia bisa ditemukan di manapun. Amonia tidak ada secara alami di alam, ini artinya hanya terdapat satu cara untuk bisa memperoleh amonia yakni dengan cara memproduksinya.

Sifat Amonia

Berikut ini terdapat beberapa sifat dari amonia, antara lain:

Amonia di dalam suhu kamar wujudnya ialah gas yang tidak berwarna memiliki bau menyengat, serta memiliki rasa seperti logam alkali atau sabun.
Saat dihirup dapat membuat air mata menjadi mengalir.
Sifat amonia lebih ringan dibandingkan udara sehingga amonia akan bergerak ke atas dalam keadaan normal.
Gas ini sering jatuh ke bawah lalu terakumulasi bersama dengan air hujan.
Amonia larut di dalam air perbandingannya untuk 1 liter air berbanding dengan 1300 liter volume gas amonia. Sebab kelarutannya didalam air sangat tinggi dan ini jarang ditemui diatas permukaan air.
Gas amonia dapat dengan mudah diubah wujudnya ke dalam bentuk cair. Caranya dengan mengkondisikan dalam tekanan 8 hingga 10 atmosfer.
Titik didih gas amonia ialah pada suhu 239 derajat K (-35 derajat C) pada tekanan 1 atm.

Kegunaan Amonia Dalam Industri Secara umum, distribusi pemanfaatan amonia dalam industri :

Kegunaan amonia dalam industri yang paling utama adalah sebagai bahan baku pembuatan pupuk, antara lain urea, amonium fosfat, amonium nitrat, dan kalsium amonium nitrat.
Amonia digunakan pula pada proses pengolahan logam, seperti pada proses nitriding, carbonitriding, bright annealing, furnace brazing, sintering, dan lain-lain.
Anda tentu sudah tahu asam nitrat bukan? Nah, ternyata asam nitrat diproduksi dengan menggunakan amonia sebagai salah satu bahan bakunya.
Beberapa jenis plastik seperti polyurethane dan phenolic juga dibuat dari amonia.
Pada industri perminyakan, amonia dimanfaat untuk menetralkan senyawa-senyawa asam yang masih tercampur dalam minyak mentah dan sebagai bahan kimia untuk mencegah korosi pada peralatan.
Industri pertambangan juga memanfaatkan amonia dalam proses produksinya, yaitu untuk mengekstraksi logam tembaga, nikel dan molybdenum dari bijihnya.
Dalam bidang pengolahan air, amonia berperan sebagai pengontrol tingkat keasaman atau pH.
Dalam bidang pengendalian pencemaran udara, amonia banyak pula dimanfaatkan untuk menangkap senyawa oksida sulfur yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar yang mengandung sulfur.
Anda tentu tahu bagaimana pentingnya mesin pendingin seperti chiller atau refrigerator, bukan? Nah, pada industri makanan, petrokimia dan minuman, amonia digunakan sebagai refrigerant pada mesin chiller atau refrigerator.
Pada industri karet, amonia dimanfaatkan sebagai bahan kimia untuk stabilisasi lateks alam dan sintetis untuk mencegah terjadinya koagulasi prematur.
Industri kertas dan pulp menggunakan amonia pada proses pembuatan pulp dari kayu dan sebagai dispersant pada proses coating produk kertas.
Pada industri kulit, amonia dimanfaatkan sebagai curing agent, mencegah munculnya slime dan mold, serta sebagai bahan pelindung kulit.
Beberapa produk-produk pembersih menggunakan amonia sebagai salah satu bahan di dalamnya, tapi dalam konsentrasi yang rendah.
Amonium hidroksida – yang juga merupakan produk bahan kimia pembersih – juga diproduksi dari amonia.
Pada proses pengolahan kayu, amonia dan hidrogen peroksida digunakan untuk proses pemutihan kayu.
Selain kegunaan di atas, amonia juga digunakan pada proses produksi produk farmasi, pestisida dan zat pewarna.

PRODUK